Friday, February 5, 2010

Cakra dan Lysa:Percakapan Antara Si Licong dan Si Jinggo

Sesampainya di rumah, hal pertama yang saya lakukan adalah; TIDUR. Entah kenapa, saya selalu memilih tidur setiap kali merasa sedih, marah, kecewa, patah hati, dan tertekan. Tidur beberapa jam, kemudian, VOILA! Semua perasaan-perasaan itu menghilang dengan sendirinya.

“Jangan-jangan kamu mengidap narkolepsi,” ujar seorang sahabat suatu hari.

“Narkolepsi? Penyakit apaan tuh? ” Tanya saya sambil meringis ketakutan.

“Narkolepsi itu semacam sleeping disorder. Pengidapnya selalu tertidur ketika ia merasakan emosi yang berlebihan. Misalnya saja ketika ia merasa terlalu sedih, kecewa, bahkan terlalu bahagia. Kamu juga sering gitu kan? ”

Mendengar penjelasan sahabat tentang ciri-ciri pengidap narkolepsi, saya jadi semakin penasaran. Jujur saja, ciri-ciri penderita narkolepsi mirip dengan yang saya alami.

“Saya baru tahu ada penyakit seperti itu di dunia ini. Terus penyebabnya kenapa? Apa saya harus diopname, diterapi, dan disuntik selama bertahun-tahun biar sembuh dari penyakit semacam itu? Apa bisa berakibat pada kematian?”

“Hahahahaha. Mana mungkin si Lysa mengidap narkolepsi. Dia sih emang kebluk aja! Jangankan lagi sedih atau marah, lagi nggak ada kerjaan aja dia mah tidur!!! Kamu tuh mengidap ‘pelor-ngilerus’:nempel-molor-ngiler-terus!!! Ahahahahaha…ada kebakaran atau gempa juga dia sih nggak bakal kebangun,” timpal sahabat saya yang satu lagi.

“Hahahahaha. Saya nggak ikut-ikutan ya. Lagian tenang aja, Sa. Kebanyakan penderita narkolepsi itu pria, bukan wanita. Jadi kemungkinan kamu mengidap penyakit ini relatif kecil,” ujar sahabat saya menenangkan.

“Huh, dasar! Kalian nakutin saya aja. Asal kalian tahu, tidur itu banyak manfaatnya. Kalian belum pernah denger ya ada penelitian yang bilang bahwa tidur akan mengurangi beban dan tekanan dalam hidup? Saya sih cuma mengikuti saran para scientist aja,”

“Ya tapi kalau over sleeping kaya kamu juga nggak baik Lysa…Mungkin kamu dulu reinkarnasi dari tapir yang hobinya tidur….ahahahaha,”

“Dasar kalian menyebalkaaaaaaaaaaaaann…..!!!!”

Hoahm…zzzzzzzzzz

***

Setelah menghabisi Raja Bertopeng Muram beserta seluruh prajuritnya, Pangeran Nicholas langsung menaiki seribu tangga menuju Menara Pilu, tempat Putri Alveriza disekap. Begitu sampai di dalam menara, ia meliihat sang putri terkulai lemas di atas sebuah ranjang. Wajah sang putri pucat pasi. Matanya kosong, mencerminkan kesedihan yang begitu dalam. Tubuhnya tinggal tulang, kulit indahnya berubah jadi keriput, rambutnya rontok. Ternyata benar apa yang dikatakan Nenek Tua itu, ujar pangeran dalam hati. Menara ini menyedot semua kebahagiaan yang dimiliki Putri Alveriza.

“Hanya cinta sejati yang bisa mengembalikan Putri Alveriza ke wujud semula. Untuk itulah kau harus menciumnya sebelum matahari tenggelam. Jika tidak, bukan hanya sang putri yang kehilangan kebahagiaan. Kau juga akan terseret ke dalam kekuatan magis menara itu,” begitu pesan Nenek Tua.

Tanpa berlama-lama lagi, Pangeran Nicholas langsung mendekati Putri Alveriza. Ia sudah siap mencium bibir sang putri ketika sebuah kekuatan mengguncang-guncangkan tubuhnya dan tubuh sang putri. Sayup-sayup terdengar sebuah suara yang nyaring dan cempreng.

“Liconnnggg… banguuun!!! Pamali tau tidur pas Magrib,” seru sebuah suara. Saya membuka kedua mata dan mendapati seorang perempuan tengah mengguncang-guncangkan tubuh saya.

“Teh Jinggoooo…!!! Ih, sumpah ya, bangunin di saat yang nggak tepat! Saya baru aja mau kissing sama Nicholas Saputra di dalam mimpi…Eh, malah dibangunin,” timpal saya sambil menarik selimut ke ujung kepala. Berniat melanjutkan mimpi yang sempat terganggu oleh lengkingan suara sepupu saya itu.

“Heh, Licong, banguuun! Tidur wae ih,” serunya sambil menyibakkan selimut dari tubuh saya, menarik kedua tangan saya, kemudian mendorong saya dengan paksa ke kamar mandi.

“Mandi sana, terus ikut Teteh!” serunya galak seperti komandan memerintahkan prajuritnya.

Mendengar perintah sang komandan, si prajurit langsung menurut.

Lima belas menit kemudian.

“Tumben Teh Jinggo ke sini,” tanya saya heran sambil mengeringkan rambut dengan hair dryer.

“Licong, dari dulu kan Teteh selalu bilang kalau punya feeling yang kuat. Apalagi kalau ada hubungannya sama kamu. Masih nggak percaya juga? ”

“Yayaya…”

Ia kemudian mendekat dan mengamati wajah saya dengan seksama.

“ Ada apa Teh?” tanya saya sambil mengernyitkan dahi.

“Lain kali, kalau habis nangis, jangan langsung tidur! Lihat, mata kamu jadi sembab gitu…”

“Ya, habis gimana lagi. Tidur udah jadi obat mujarab saya kalau lagi emosi, ”

“Tapi kita kan mau jalan-jalan. Malu dong jalan-jalan sambil petet gitu matanya,”

“Tapi saya emang nggak pernah berniat jalan-jalan sehabis nangis dan tertidur,”

“Dasar calon pengacara! Setiap statement orang dibantaaaah terus. Meuni embung eleh. Btw, punya eyeliner?”

“Ada. Tapi udah dimasukkin ke kardus. Kardusnya ditaro di gudang. Sok aja ambil kalau mau,”

“oh, hmm, ya udah. Teteh bawa kok,” katanya seraya mengambil make up kit di dalam tasnya. Kemudian ia menyuruh saya memejamkan mata dan mulai membubuhkan eyeliner di kelopak mata saya.

“Beres! Yuk kita berangkat,”

***

Ohya, saya belum memperkenalkan sepupu saya yang satu itu. Namanya Jingga Maharani. Usia 23 tahun. Ibunya, Uwa Neni, adalah kakak ibu saya. Dia selalu menjadi primadona di setiap acara keluarga. Betapa tidak, dia dikaruniai fisik yang terbilang sempurna. Mata belo, alis tebal, hidung mancung, kulit putih, kaki jenjang, dan memiliki ukuran dada 34B.. Sekilas, dia mirip Aura Kasih (dan entah kenapa dia selalu protes jika disamakan dengan Aura Kasih). Hobinya? Nyalon dan shopping.

Dengan fisik yang sempurna, otomatis banyak lelaki yang mengejar Jingga. Dari mulai penjual bakso di depan rumah sampai anak pejabat, semua mengagumi Jingga. Dari dulu Jingga terkenal dengan sebutan “penakluk pria”. Pacarnya banyak, selingkuhannya tidak terhitung, TTM-an dimana-mana! Sampai akhirnya, ia memutuskan untuk menikah dengan seorang pria. Usianya baru menginjak 20 tahun ketika itu. Namun sayang, pernikahannya tak berhasil. Tak sampai genap setahun, Jingga sudah resmi menjanda.

Hubungan saya dan Jingga sangat dekat. Jingga bukan sekedar sepupu, tapi sudah seperti kakak, sahabat, musuh, dan terkadang seorang ibu bagi saya. Saya anak pertama dari tiga bersaudara dan satu-satunya perempuan di keluarga. Sedang dia anak tunggal. Saya ingin punya kakak, dia ingin punya adik. Mungkin itulah yang menyebabkan kami bisa sangat dekat.

Kedekatan kami pun bisa terlihat dari ‘panggilan sayang’ yang kami berikan pada masing-masing. Jingga memanggil saya ‘Licong’->Lysa-Conge (Conge berarti tuli dalam bahasa Sunda). Saya memanggil dia ‘Jinggo’-> Jingga-Goyobod (Goyobod adalah salah satu jenis minuman khas Bandung).

Julukan tersebut tentu tak datang begitu saja. Jingga yang lebih dulu menjuluki saya ‘Licong’. Ketika kecil, saya jarang mudeng ketika dipanggil oleh Jingga . Bukan karena saya benar-benar tuli. Tapi saya punya kebiasaan tidak mempedulikan keadaan sekitar jika sedang fokus pada satu hal. Sialnya, Jingga sering memanggil ketika saya sedang fokus menari atau main lompat tinggi. Otomatis saya tidak mempedulikan suaranya. Dari situlah ia memanggil saya ‘Licong’-Lysa conge.

Tak mau kalah, saya pun mencari kejelekan Jingga supaya dia juga diberi ‘panggilan sayang’. Tapi sialnya, kelakuan dia selalu manis dan beretika.

Suatu hari, saya dan Jingga berlibur ke rumah nenek di Tasikmalaya. Ketika tengah asyik bermain di pekarangan, tiba-tiba ada seorang penjual Es Goyobod berhenti di depan rumah. Penasaran dengan minuman yang baru pertama kali didengarnya itu, Jingga langsung minta dibelikan orang tuanya. Karena Jingga sedang terserang flu, Uwa Neni dan Uwa Jamal tak mengabulkan permintaanya. Ia marah dan menangis sejadi-jadinya. Kasihan melihat anak satu-satunya menangis, Uwa Neni dan Uwa Jamal pun luluh dan langsung mencari penjual Es Goyobod tersebut ke seantero kampung.

Menjelang sore hari, orang tua Jingga kembali ke rumah sambil membawa sebungkus Es Goyobod. Jingga tersenyum puas dan langsung menghabiskan minuman tersebut. Anehnya, keesokan harinya, penyakit yang sedang diderita Jingga langsung menghilang begitu saja. Dari situlah ia menganggap Es Goyobod adalah pahlawan hidupnya. Dari peristiwa itu juga saya memanggilnya Teh Jinggo. Sampai sekarang, jika ditanya apa minuman favoritnya, Jingga pasti selalu menjawab : Es Goyobod! Dalam hati, saya Cuma geleng-geleng kepala. Ternyata tuhan memang adil ya. Perempuan cantik, modern, dan fashionable begini ternyata tetap manusia biasa yang masih suka jajanan kampung.

“Cong, rambut kamu jangan keseringan dikucir atau dicepol. Bagusan digerai gini…” komentar Jingga sambil memperhatikan rambut sepinggang saya yang (tumben-tumbennya) digerai.

“Habis kalau digerai panas Teh…Udah tahu kemana-mana pake angkot… ”

“Ih, kamu tuh ya, dikasih tahu. Gimana mau dapet pacar kalau kamu kucel terus?”

“Saya nggak mau punya pacar yang cuma ngeliat saya dari kucel atau nggaknya. Kalau emang cinta, ya terima apa adanya dong…kalau cuma liat dari fisik, berarti pacar saya nggak tulus dong cinta sama saya?”

“Sayangnya, kebanyakan lelaki melihat perempuan dari fisiknya dulu sebelum ke hal lainnya. Lagian apa salahnya merawat diri dan tampil cantik? Toh juga buat kebaikan kamu sendiri…pacar kamu juga jadi nggak malu bawa kamu kemana-mana. Iya kan?”

“Saya sih mau didandanin kayak gimana juga nggak akan cantik-cantik Teh…terima aja nasib jadi orang jelek,”

“Ahahahaha. Tuhkan, kamu selalu gitu deh. Siapa bilang kamu jelek? You have the greatest smile, darling! Ketika tersenyum, kamu seperti memberikan semua kebahagiaan pada orang yang kamu ajak senyum. Senyuman kamu itu tulus dan cantik sekali. Ketika kamu tersenyum, aura kamu langsung keluar. Orang yang melihat kamu tersenyum pasti merasa nyaman dan tenang. Saya aja suka iri sama senyum kamu. Rambut kamu bagus. Kulit kamu juga pasti bikin iri orang-orang bule, coklat seksi gimanaaa…gitu. Jadi jangan pernah ngomong gitu lagi di depan saya!!! Eh, btw, dapet parkir nggak nih kita? Gila, mentang-mentang long weekend, PVJ penuh terus ya Cong!!! ”

***

Saya dan Jingga duduk berhadapan di sebuah kafe di PVJ. Lantunan musik Jazz , cahaya temaram, dan rintik hujan di luar sana membuat suasana kafe menjadi romantis. Sayang, romantisme ini harus saya lalui bersama Jingga. Coba saja saya bisa melaluinya bersama…ah, sudahlah!

“Sayang ya disini makanan dan minumannya khas Eropa semua. Coba aja ada Es Goyobod, pasti langsung saya pesen…hehehehe,” kata Jingga sambil membulak-balik daftar menu.

Beberapa menit kemudian, Jingga memanggil pelayan dan memesan makanan untuk kami berdua.

“Oke, then. Tell me, darl. What’s goin on with you? Why did you cry?” tanya JIngga sambil mengeluarkan sebungkus Dunhill dari dalam tasnya. Ia kemudian menyalakan lighter dan mulai menghisap rokoknya perlahan. Meskipun dekat, JIngga tak pernah sekalipun menawari saya rokok. Sebaliknya, saya pun tak pernah memaksa dia untuk berhenti merokok. Kami memang dekat, tapi kami tetap memberikan ruang untuk diri masing-masing. Jingga sudah dewasa. Dia sudah tahu konsekuensi ketika memilih sesuatu. Begitu pun dengan saya. Dia pasti tahu saya punya alasan tertentu ketika memilih sesuatu.

“Eh, kenapa? Tadi Teteh nanya apa?”

“Huh, anggeur!!! Dasar Congeee…… saya ingin tau kenapa mata kamu bisa sembab kaya gitu…”

“oh…”

Saya kemudian menceritakan semua yang terjadi pada JIngga.

“Kenapa juga saya mesti nangis ya Teh? Harusnya saya kan seneng karena Cakra akhirnya punya pacar…”

“Jangan-jangan kamu jatuh cinta sama dia,” jawab Jingga datar.

Deg!

“Jatuh cinta? Saya jatuh cinta sama Cakra? Itu nggak mungkin Teh… ”

“Sekarang Teteh mau tanya beberapa hal. Tapi kamu jawabnya ya atau tidak aja ya. Oke? ”

“Oke,”

“Kamu merasa sakit hati ketika tahu Cakra jadian?”

“Iya,”

“Kamu merasa kehilangan Cakra?”

“Iya,”

“Kamu ingin tahu siapa perempuan yang merebut Cakra dari kamu? Ingin tahu seperti apa perempuan yang bisa mendapatkan hati Cakra yang dingin dan misterius itu?”

“Tapi perempuan itu nggak merebut Cakra dari saya, Teh. Saya bukan siapa-siapanya Cakra… Tapi emang saya ingin tahu siapa perempuan itu. ”

“Hmm, yang penting semua sudah jelas. Kamu jatuh cinta sama dia…”

“Jelas darimana? Saya nggak melihat kejelasan apapun. Yang ada saya malah makin bingung. Karena kalaupun ya, saya nggak tahu konsepsi cinta itu kayak gimana,”

“ Kalau begitu, mari kita adakan sesi tanya jawab lagi. Jawab ya atau tidak aja. Oke?”

“Oke,”

“Kamu selalu deg-degan ketika ketemu dia?”

“Tidak,”

“Kamu selalu memikirkan Cakra ketika kamu nggak lagi bareng sama dia?”

“Tidak,”

“Tapi kamu selalu khawatir kalau dia nggak ngasih kabar?”

“Iya. Gimana nggak khawatir? Dia sering ngilang gitu aja…”

“Kamu peduli sama dia?”

“Iya,”

“Kalau tanpa sengaja dia menyentuh tangan kamu, apa ada perasaan hangat yang muncul?”

“Nggak,”

“Aneh! Dari semua tanda-tanda yang udah saya tanyain sama kamu, harusnya kamu itu jatuh cinta sama Cakra. Tapi kok begitu ditanya soal reaksi tubuh dan segala macamnya, kamu nggak ngerasain itu ya? Padahal tanda-tanda jatuh cinta itu bisa dideteksi lewat reaksi tubuh. Tiba-tiba deg-degan, tiba-tiba merasa hangat…”

“Teh, mau tau yang lebih aneh lagi? Saya pernah ciuman sama Cakra. French kiss. Tapi saya nggak merasakan apapun. Heart beating, butterflies in my stomach, something warm…I didn’t feel that. Saya tahu Cakra juga tidak merasakan itu, ”

“Lalu, sebenarnya apa yang terjadi antara kamu dan Cakra?”

“Saya juga nggak tahu, Teh. Mungkin memang tidak ada perasaaan apapun di antara kami. We’re just friend. Dan semua tangisan itu hanya luapan karena saya merasa kehilangan seorang sahabat. Selama ini, Cakra memang salah satu orang yang paling dekat dengan saya. Wajar kan saya merasa kehilangan? Wajar kan kalau saya nangis karena merasa kehilangan orang terdekat saya?”

“ Ya, sangat wajar. Terlepas dari ada tidaknya perasaan-perasaan tertentu di dalamnya, kehilangan seseorang memang sakit. Jadi wajar kalau kamu nangis seperti itu…” jawab Jingga sambil menerawang. Sepertinya dia sedang teringat akan sesuatu.

“But, Lysa, the fact is, nothing last forever…suatu hari, suka nggak suka, kamu akan kehilangan orang-orang terdekat kamu, orang-orang yang kamu sayangi. It’s called life, huh? People come around and go around in our life. All we can do is just prepare ourself before it’s comin to our life. Sometimes we’re too selfish and forget about their presence. So, before it’s too late, from now on, don’t belive the quote ‘you don’t know what you got till it’s gone.’ You have to know what you got before it’s gone. Got it?”

“Yes, ma’am…”

“Dan satu lagi, ikuti kata hati kamu. Jangan biarkan segala ketakutan mengalahkan hati kamu. Jangan mengabaikan apa yang sebenarnya ada di sana. Sebaliknya, jangan mengada-ada sesuatu yang sebenarnya tak ada. Jangan sampai kamu menyesal nantinya. Karena penyesalan akibat tak mengikuti kata hati sangatlah menyesakkan, ” ujar Jingga dengan tatapan nanar.Ia seperti sedang berbicara kepada sendiri ketimbang memberi masukkan pada saya.

“Kenapa Teteh bisa ngasih saran seperti itu sama saya?”

“Hmm…kenapa ya? Hmm…karena feeling Teteh mengatakan, mungkin, perasaan di antara kalian itu sebenarnya ada. Tapi kalian berusaha untuk menghilangkannya karena banyak ketakutan di sana. Ketakutan-ketakutan yang sangat besar dan tak sanggup kalian hadapi. “

Mendengar penjelasan itu saya hanya terpaku.

0 comments: